15.17
0
  Pernahkah terbesit di pikiran kalian mengenai keanehan bahwa Kapal yang begitu besarnya tidak dapat tenggelam di dalam lautan sedangkan paku kecil bila dilemparkan ke dalam laut paku tersebut justru yang tenggelam. Padahal jika kalian lihat massa paku > massa kapal pesiar.
  Jika kita lihat memang benar bahwa massa kapal lebih besar dari massa paku, tetapi yang memiliki andil dalam kasusu ini yaitu perbedaan massa jenis yang dimiliki kedua benda tersebut. Ingatkah kalian syarat benda dapat tenggelam, melayang dan terapung? 
Syarat suatu benda dapat terapung apabila massa jenis benda > massa jenis zat cair. Benda dikatakan melayang apabila massa jenis benda = massa jenis zat cair dan benda akan tenggelam apabila massa jenis benda > massa jenis zat cair. 
  Dari ketiga persyaratan tersebut dapat disimpulkan bahwa massa jenis paku > massa jenis air laut. Sedangkan massa jenis kapal < massa jenis zat cair. Kenapa bisa? 
Tahukah kalian bahwa kapal pesiar dibuat tidak seutuhnya berbahan besi, melainkan juga kayu. Selain itu, pada kapal juga terdapat rongga-rongga yang mengakibat total massa jenis dari kapal akan lebih kecil dari massa jenis total air laut. Karena pada suatu benda, jika volume benda semakin besar maka massa jenisnya justru akan menjadi lebih kecil dan sebaliknya.

0 komentar:

Posting Komentar