22.58
0
   
Di dalam kehidupan sehari-hari kita tentu menemui fenomena-fenomena yang secara tidak sadar semua itu berkaitan erat sekali dengan konsep fisika. Namun, kita seringkali acuh akan hal tersebut. Fisika memang ilmu yang sangat luar biasa. Dia menjelma seperti hantu, bisa berada dimanapun. Tetapi memberikan manfaat bagi yang memahami akan kehadirannya. Agar kita bukan salah satu dari yang tidak tahu akan kehadiran hantu aneh ini. Mari kita belajar tentang penerapan prinsip Bernoulli. Untuk menjelaskan bagaimanakah asap pabrik dapat naik dalam cerobong ? Terlebih dahulu kita harus mengenal apa sih Prinsip Bernoulli itu.
     Prinsip Bernoulli ditemukan oleh Daniel Bernoulli pada tahun 1700-1782 diawal abad kedelapan belas. Pada intinya, prinsip Bernoulli menyatakan bahwa dimana kecepatan fluida tinggi, tekanan rendah, dan dimana kecepatan rendah, tekanan tinggi.
     Dari prinsip tersebut dapat dijelaskan bahwa proses naiknya asap dalam cerobong diawali karena kondisi asap itu sendiri. Asap yang dihasilkan oleh pabrik memiliki suhu yang panas. Artinya lebih tinggi dari suhu udara yang berada di sekitar/di atas cerobong asap. Karena tingginya suhu ini, mengakibatkan massa jenis udara kecil sehingga bergerak keatas.
     Selain itu, terdapat angin yang bertiup di bagian atas cerobong, yang menyebabkan tekanan udara di sekitar cerobong menjadi lebih kecil. Sedangkan di dalam ruangan tertutup tidak terdapat angin yang bertiup, sehingga tekanan udara lebih besar. Inilah yang mengakibatkan asap pabrik tergiring naik ke dalam cerobong asap dan akhirnya keluar deh..

Sumber:
Douglas C. Giancolli. 2001. FISIKA.  Jakarta: Erlangga
    

0 komentar:

Posting Komentar